Cocok Untuk Usaha Kost

Jangan lupa siapkan anggaran untuk biaya renovasi, jika sewaktu-waktu ada beberapa bagian kos yang harus direnovasi. Oleh karena itu, pastikan di dalam kos terdapat pegawai atau Anda sendiri untuk siap sedia membantu para penyewa apabila memiliki kesulitan dan selalu menjaga kebersihan hunian. Sebelum menentukan biaya sewa, ada baiknya Anda melakukan survei harga sewa pada kompetitor Anda.

Kendati demikian, kini harga tanah dan bangunan kian hari kian meninggi, ditambah penduduk di Tanah Air begitu padat. Bagi seorang pebisnis, masalah ini menjadi ladang untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Tak hanya kos-kosan milik Jamil, sebuah kos di kelurahan Kemanggisan, Jakarta Barat yang letaknya dekat dengan Binus University juga mulai ditinggal para penghuninya sejak Mei 2020. Atun, sang pengelola kos tersebut mengatakan, dari whole 25 kamar, kini hanya 13 kamar yang terisi. Keberadaan fasilitas penunjang biasanya akan menjadi pertimbangan calon penghuni kos.

Dari whole yang masuk bergabung dengan Djurkam sebanyak 70 persen kos kosan masih tetap eksis hingga saat ini. Di DIY Bisnis penyewaan kamar ini dijual dengan harga dari Rp 1 miliar sampai Rp 12 miliar. Foto yang berkualitas akan semakin menarik perhatian calon anak kost kalau disertai deskripsi yang akurat, memikat, dan tepat sasaran. Oleh sebab itu, siapkan tulisan yang menjelaskan dengan element apa saja keuntungan nge-kost di tempat kamu. Pencahayaan juga penting untuk membuat foto tempat kost yang menarik. Jangan sampai foto yang dihasilkan terlihat buram atau gelap seperti berada di bawah tanah.

Usaha kost-kostan

Pebisnis kost juga bisa mendapatkan pasif earnings secara rutin setiap bulan atau tahunnya. Mereka juga tak lagi perlu direpotkan dengan urusan operasional yang menyita waktu, tak perlu pusing memikirkan cara promosi untuk menarik perhatian pelanggan. Menurut Glen, pebisnis kost tak perlu melakukan begitu banyak upaya untuk meningkatkan bisnis, namun tetap bisa berinvestasi dan mendapatkan passive revenue dari bisnis kost yang digelutinya. “Pebisnis kost akan mendapatkan pendapatan tetap yang stabil, bahkan cenderung meningkat setiap saatnya. Biasanya, occupancy rate/tingkat hunian kos-kosan juga cukup tinggi dibandingkan dengan resort.

tentu akan mempengaruhi semakin cepat atau lambatnya investor balik modal. Hal itu dipengaruhi oleh harga sewa kos, lokasi, fasilitas kos dan kenyamanan serta keamanan kos yang Anda miliki. Untuk itu, pastikan Anda memperhatikan berbagai faktor tersebut. Memiliki nama lengkap Iwan Kenrianto, beliau merupakan entrepreneur dan praktisi di bidang bisnis properti, khususnya rumah kost.

Soalnya, ibu menyewakan kamar kos itu lebih untuk cari teman,” kata Sri yang kini tinggal bersama seorang asisten rumah tangga . Biasanya, laba bersih dari penyewaan kos milik Isna berkisar Rp three juta hingga Rp 4 juta per bulan. Namun dalam kondisi seperti ini, keuntungan yang dia terima turun menjadi Rp 1 juta hingga Rp 2 juta saja. Beruntung, okupansi dari enam kamar itu sudah bisa menutup biaya listrik, air, dan wifi kos. Beruntung, kos rumah tangga milik Siti yang terletak di belakang kos putri itu masih menampung penghuni. Sebab, latar belakang penghuni kos tersebut adalah karyawan.

Yukbisniskost merupakan platform on-line terdepan dalam belajar bisnis properti di bidang kost kostan, serta memberikan edukasi tentang profit berbisnis kost kostan. Kami selalu berupaya memberikan suggestions dan update terkini seputar bisnis kost kostan. Harapan kami, keberadaan yukbisniskost sebagai platform edukasi bisnis kost kostan bisa menjadi bekal bagi banyak orang ketika pensiun nanti. Ringkasnya, mereka yang sudah pensiun tetap bisa mendapatkan passive earnings melalui bisnis kost kostan. Jika diperhatikan, pengelolaan usaha rumah kost memang lebih merepotkan daripada menyewakan rumah kontrakan. Setelah mengetahui apa saja strategi yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis kos-kosan, saatnya mulai pasang harga sewa.

Dan yang lebih memudahkan lagi, wajib pajak tidak perlu lagi melaporkan pembayaran pajaknya sebab pembayaran pajak ini telah dipersamakan dengan pelaporan pajak. Tentu saja, skema ini dilakukan apabila penyewa kos-kosan adalah orang pribadi yang bukan pemungut yang ditunjuk Ditjen Pajak. Kepala Bidang Penyuluhan dan Pengaduan Badan Perizinan dan Pelayanan Terpadu Kota Banjar, Ujang Supriyatna, mengatakan, bila dilihat, sewa kamar kost atau kontrakan memang bentuknya usaha.

“Semua hal seputar operasional pun dibantu oleh RoomMe,” kata Wikan yang jadi juragan kos-kosan selama tujuh tahun. “Saya juga menerima pendapatan yang tetap setiap bulannya.” Pemilik kos-kosan lainnya, yang juga enggan disebutkan namanya mengatakan, pihaknya tidak mengetahui kalau usaha kos-kosan diwajibkan untuk mengurus SITU. Berdasarkan pantauan Kabar Sumatera, beberapa hari lalu di kawasan Plaju, banyak berdiri usaha kos-kosan baru. Tapi, sayangnya pendirian usaha kos-kosan tersebut tanpa izin.