5 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Akan Memulai Usaha

Memang terdengar sederhana, hanya sebuah keripik, namun ternyata dapat membawa untung yang berlipat untuk Reza Nurhilman. Pasalnya, kesempatan ini ia dapatkan saat mencoba sebuah keripik yang dibuat oleh seorang nenek yang baru ia kenal. Dari situ, otak bisnisnya langsung bekerja dan berniat untuk memasarkan keripik tersebut dengan izin dan dukungan sang nenek itu.

Memiliki psychological yang kuat merupakan modal yang sangat penting dalam memulai usaha dan bisa bertahan dalam persaingan. Semua jenis bisnis pasti akan mengalami masa-masa sulit, hanya mereka yang bermental kuat yang dapat tetap bertahan di tengah persiangan. Jenis pemasaran yang beragam belum tentu semuanya sesuai dengan semua jenis bisnis. Sebagai contoh, bisnis natural dari ABE yang sukses dengan pemasaran Multi level Marketing . Tentunya sistem MLM ini belum tentu dapat diterapkan pada pemasaran produk teknologi, misalnya pemasaran smartphone.

Ada orang yang sangat berani untuk memulai bisnis dari modal yang sangat sedikit dengan keberanian yang luar biasa, namun ada juga orang yang merasa sangat gugup ketika harus memulai bisnis mereka. Bahkan, mencari-cari cara tentang bagaimana mereka bisa memiliki keberanian seperti pengusaha sukses lainnya. Disadari atau tidak, semua itu tergantung dari pola pikir kita loh! Jadi, kalau begitu kuncinya ada di dalam pola pikir yang kita miliki masing-masing. Website entrepreneur memberikan kita bocoran tentang eleven cara memiliki pola pikir untuk berani memulai bisnis. Berikut ini adalah penjelasan yang sudah kami kemas dengan bahasa yang ringan dan tentunya bermanfaat bagi rekan-rekan Career Advice.

Memulai usaha dari bawah

Memiliki ketrampilan serta keahlian memasak aneka kue bisa coba peluang usaha kecil yang satu ini meskipun dengan modal yang minim. Dengan uang hasil menjual perhiasannya, Susi membeli ikan dari pelelangan dan menjualnya ke beberapa restoran. Berkat kerja kerasnya, Susi berhasil mengembangkan usahanya di Pangandaran dan kemudian melebar hingga bisa mengekspor ikan dan lobster. Guna mengatasi pengiriman ikan yang sering telat, Susi membeli pesawat untuk mengangkut hasil laut. Pesawat ini kemudian berkembang menjadi maskapai Susi Air yang melayani carter dan rute pedalaman.

Jika kamu sudah menentukan dimana kamu akan membuka toko sembako, sekarang pikirkan tata letak barang-barang sembako kamu supaya menarik ketika dilihat orang. Letakkan barang-barang yang sering dibeli di bagian depan toko, seperti beras, sabun, dan makanan ringan. Barang-barang tersebut akan memberi informasi kepada orang bahwa toko kamu adalah toko sembako, sehingga mereka tau akan datang kemana ketika ingin membeli sembako.

Satu set mata baru dapat membantu menunjukkan masalah yang mungkin Anda lewatkan. Plus, orang-orang ini akan menjadi pendukung merek pertama Anda, terutama jika Anda mendengarkan masukan mereka dan mereka menyukai produk tersebut. Banyak bukan pilihan usaha yang menjanjikan yang modalnya tidak terlalu besar? Anda bisa menyesuaikan usaha yang Anda jalankan dengan minat dan bakat Anda. Modal untuk usaha desain juga relatif kecil karena hanya menggunakan sarana yang sering Anda pakai, seperti laptop computer, pensil, drawing pen, dan lain-lain. Itu pun termasuk modal tetap yang tidak perlu diperbaharui tiap bulan.

Mereka yang suka berada di zona nyaman adalah orang yang mudah terlena, lebih suka bersenang-senang, tidak mau menerima tekanan, tidak mau terusik dan lain-lain. Kebiasaan seperti ini sifatnya hanya sebuah kesenangan yang sementara. Ubah dan tetapkan tujuan hidup Anda ke arah yang dapat membawa Anda pada sebuah kesuksesan. Lebih baik investasikan waktu dan uang untuk menetapkan sebuah tujuan hidup dalam 10 atau 20 tahun kedepan. Tujuan hidup hari ini akan mempengaruhi kehidupan di masa mendatang. Namun pertimbangkan plus dan minus dari setiap poin yang ingin Anda tetapkan.

Berdagang camilan termasuk usaha yang menjanjikan karena Anda bisa membuat camilan dengan skema pre-order. Keuntungan awal dari modal Rp 200.000 saja bisa mencapai dua kali lipatnya. Hanya saja, yang melakukan usaha ini tentu bukan hanya Anda. Ketiadaan inovasi dan kualitas yang tidak terjaga bisa menjadi perusak bisnis ini. Setiap perjalanan bisnis pasti ada siklus “naik dan turun”.

Memang Abdul Latief mempunyai pertokoan di Blok M, tetapi tidak di pusat pertokoannya. Ribuan jenis produk kerajinan tagan dari industri kecil / industri rumah tangga sampai produk-produk elektronik, ada di tempat itu. Dari pagi sampai malam, para pramuniaga yang ramah selalu menyapa melayani para pembeli di gedung yang bernilai Rp. Abdul Latief menyesalkan berdirinya beberapa pusat pertokoan trendy di Jakarta, yang jelas-jelas mematikan pengusaha kecil dan tradisional. Industri kecil itu sepertinya tidak mendapat tempat untuk hidup, sebab ia memang tidak mempunyai kemampuan bersaing dengan pengusaha modal besar. Gejalanya, memang pengusaha sekelas raksasa masuk ke pasar tradisional.